Jumat, 19 Desember 2014

MISTERI KOTA PALING SUCI MAKKAH AL-MUKARRAMAH

Makkah adalah tampat atau negeri yang paling dicintai Allah Swt dan juga Rasul-Nya Saw. ia juga menjadi tempat terpenting bagi umat islam, sebagai kiblat dalam ibadah dan menjadi tempat kaum muslim dalam beribadah haji atau umrah.

Alah Swt telah mengukuhkan kota Makkah sebagai tanah yang diberi kemuliaan dan keharaman. Di dalamnya terdapat rasa aman,bahkan rasa aman ini juga dimiliki oleh pepohonan dan tumbuh-tumbuhan dengan larangan memotongnya, burung-burung tidak boleh diusir, dan Allah Swt memberikan pahala amal kebaikan di dalamnya lebih utama daripada pahala amalan di tempat yang lain. Shalat di dalamnya sama dengan 100.000 (seratus ribu) shalat si tempat yang lain. Allah Swt berfirman dalam surat Ali Imran: 97, "Barang siapa memasukinya (baitullah itu) menjadi amanlah dia."

Allah Swt juga bersumpah dengan negeri ini untuk menunjukkan kebesaran martabatnya. Firman-Nya dalam surah Al-Balad ayat 1, "Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Makkah)."

Rasulullah Saw bersabda, "Demi Allah, sesungguhnya engkau (Makkah) adalah bumi yang paling baik dan tanah yang paling dicintai Allah, andaikan aku tidak diusir darimu, niscaya aku tidak akan meninggalkanmu."

Pengukuhan Makkah sebagai tanah haram dijelaskan dalam hadist Rasulullah Saw, bahwa Allah Swt telah menetapkan Makkah sebagai tanah haram semenjak Allah menciptakan langit dan bumi.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata, "Tatkala Allah Swt memberikan kemenangan kepada Rasul-Nya Saw dengan menakhlukkan kota Makkah, lalu Rasulullah Saw berdiri di hadapan orang-orang, kemudian beliau mengucapkan Alhamdulillah dan memuji asma Allah, lalu bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menghalangi tentara bergajah masuk ke Makkah, dan Allah Swt telah menakhlukkan Makkah untuk Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman dan sesungguhnya tidak dihalalkan bagi orang sebelumku untuk menyerbu Makkah, hanya dihalalkan satu saja khusus untukku pada hari ini, dan sesungguhnya tidak dihalalkan lagi untuk siapapun setelahku. Maka dilarang mengusir hewan buruannya, dilarang memotong tumbuh-tumbuhannya dan barang yang tercecer tidak halal dipungut kecuali bagi orang yang berniat mencari pemiliknya. Dan siapa yang keluarganya mati dibunuh, maka mereka mempunyai dua pilihan; menerima diyat (denda 100 ekor unta) atau qishash" (Muttafaq alaih).

Keharaman Makkah, selain memiliki arti kemuliaan dan tidak diperkenankannya perbuatan merusak dan membunuh tanaman meupun hewan, ia juga memiliki arti bahwa orang-orang kafir atau non muslim tidak boleh memasuki wilayah ini.

Adapun keharaman Makkah sendiri memiliki batas-batas. Orang yang pertama meletakkan batas tanah haram adalah Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim menancapkan tapal di batas tanah haram. Malaikat Jibril yang memperlihatkan kepadanya, kemudian tapal ini tidak diganggu gugat hingga pada masa Rasulullah Saw. Pada saat Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah), beliau mengutus Tamim bin Asad al-Khuza'I ra untuk memperbarui tapal tersebut. Tanda ini juga tidak diganggu gugat hingga pada masa Umar bin Khattab ra menjabat sebagai khalifah. Ia mengutus orang-orang Quraisy untuk memperbaharui tapal tersebut.

Batas tanah haram ini mengitari kota Makkah al-Mukarramah sebagian batasnya lebih dekat ke Ka'bah. Saat ini, ditancapkan tapal batas haram di jalan-jalan utama yang menuju ke Makkah, yaitu:

1.       Arah Barat, jalan Jeddah-Makkah, di asy Syumaisi (Hudaibiyah), yang berjarak 22 km dari Ka'bah.
2.       Arah selatan, di Idha'ahiben, jalan Yaman-Makkah untuk yang datang dari Tihamah yang berjarak 12 km dari Ka'bah.
3.       Arah Timur, di tepi Lembah Uranah Barat, yang berjarak 15 km dari Ka'bah.
4.       Arah Timur Laut, jalan Ji'ranah dekat dari kampong Syara'I al-Mujahidin berjarak 16 km dari Ka'bah.
5.       Arah Utara, batasnya adalah Tan'im yang berjarak 7 km dari Ka'bah.

Allah Swt menjadikan Makkah sebagai tanah haram untuk memuliakannya, sehingga terdapat rasa aman yang tidak hanya dirasakan oleh manusia, tapi juga dirasakan oleh burung dan pepohonan.

Bila seseorang yang merasa ketakutan memasuki kota ini, maka ia akan merasa aman dari segala keburukan. Hal ini telah ada semenjak zaman jahiliyyah, bila seorang laki-laki membunuh seseorang, kemudian ia masuk Masjidil Haram lalu anak dari korban pembunuhan tersebut bertemu dengannya, maka anak tersebut tidak akan mengganggunya sama sekali hingga si pembunuh keluar darinya.

Para ulama telah memiliki kesepakatan (ijma) akan hal ini, bahwa siapa yang berbuat suatu tindakan pidana di tanah haram, maka ia tidak mendapatkan rasa aman tersebut karena ia telah merusak kehormatan tanah haram. Adapun apabila seseorang melakukan tindakan tindak pidana di luarkawasan inikemudian ia mencari suaka ke tanahharam, maka haruslah orangitu keluar dari tanah haram, lali dilaksanakan hukum had terhadap orang tersebut.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata; "Siapa yang melakukan suatu tindak kejahatan, kemudian datang ke Baitullah agar mendapatkan perlindungan, maka ia aman, dan tidak dibenarkan bagi kaum muslimin memberi hukuman padanya, hingga dia keluar dari tanah haram, dan apabila dia telah kabur, maka dibolehkan menghukumnya."

Adapun Makkah, negeri yang mulia dan tanah haram yang agung ini memiliki banyak sekali nama, mencapai puluhan nama, seperti Nassasah, al-Hathimah, al-Haram, Shalah, al-Basah, Ma'az, Ar Ra'as, Kuusa, dan lain-lain. Allah Swt sendiri memberi nama kota ini dengan 5 nama, yaitu Makkah, Bakkah, al-Balad (berarti kota), al-Qaryah (berarti negeri), Ummul Qura (berarti ibu negara).

Nama Makkah disebutkan Allah Swt dalam firman-Nya: "Dan Dia-lah yangmenahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Makkah" (QS. Al-Fath.24).

Nama Bakkah disebutkan Allah Swt dalam firman-Nya, "Sesungguhnya rumah pertama yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia" (QS. Ali Imran: 96).

Nama al-Balad disebutkan Allah Swt dalam firman-Nya, "Aku benar-benar bersumpah dengan Balad (kota) ini." (QS. Al-Balad:1) kata al-Balad secara etimologi berarti bagian tengah dari sebuah negeri.

Nama al-Qaryah disebutkan Allah Swt dalam firman-Nya; "Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram." (QS. An-Nahl; 11). Kata Qaryah berarti suatu tempat yang menghimpun manusia dalam jumlah yang besar. Makna asal kata ini adalah menghimpun. Nama Ummul Qura disebutkan Allah Swt dalam firman-Nya: "Dan agar engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura" (QS. Al-An'am: 92).

Kamis, 18 Desember 2014

SEKILAS TENTANG NAMA KOTA MADINAH

Pada masa sebelum Islam berkembang, kota Madinah bernama Yatsrib, dikenal sebagai pusat perdagangan. Kemudian ketika Nabi Muhammad Saw. hijrah dari Makkah, kota ini diganti namanya menjadi Madinah sebagai pusat perkembangan Islam sampai beliau wafat dan dimakamkan.

Selanjutnya, kota ini menjadi pusat kekhalifahan sebagai penerus Nabi Muhammad. Terdapat tiga khalifah yang memerintah dari kota ini, yakni Abu Bakar, Umar bin Khathab, dan Utsman bin Affan. Pada masa Ali bin Abi Thalib, pemerintahan dipindahkan ke Kufah di Irak karena terjadi gejolak politik akibat terbuhunya Khalifah Utsman oleh kaum pemberontak. Selanjutnya, ketika kekuasaan beralih kepada Bani Umayyah, maka pemerintah dipindahkan ke Damaskus, dan ketika pemerintahan berpindah kepada Bani Abbssiyah, pemerintah dipindahkan ke kota Baghdad.

Pada masa Nabi Muhammad Saw., penduduk kota Madinah adalah orang yang beragama Islam dan orang Yahudi yang mdilindungi keberadaannya. Namun, karena pengkhianatan yang dilakukan terhadap penduduk Madinah ketika Perang Ahzab, maka kaum Yahudi diusir ke luar Madinah.

Kini, Madinah bersama kota suci Makkah berada di bawah pelayanan pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Secara geografis, kota ini datar yang dikelilingi gunung dan bukit serta beriklim gurun. Suhu tertinggi berkisar antara 30°C sampai 45°C pada waktu musim panas, dan suhu rata-rata berkisar antara 10°C sampai 25°C.

20 KEISTIMEWAAN KOTA MADINAH

·         Tempat yang diprioritaskan penyebutan namanya dalam al-Qur'an.

·         Yang menjadikan Madinah sebgai tanh haram (suci) adalah Allah Swt.

·         Pengharaman pemburu dan buruan di Madinah.

·         Larangan memotong pohon-pohon, mencabutnya, dan memungut barang yang tercecer.

·         Pengharaman mengangkat senjata dan berperang di dalamnya.

·         Allah Swt. memilih Madinah sebagai tempat hijrah Rasulullah Saw.

·         Allah Swt. memilih Madinah sebagai tempat disemayamkannya jasad Rasulullah Saw.

·         Madinah dibersihkan dari syirik.

·         Imam akan kembali ke Madinanh.

·         Keberkahan di Madinah dilipatgandakan.

·         Dajjal tidak boleh memasuki Madinah.

·         Madinah tidak akan dimasuki oleh rasa gentar terhadap Dajjal.

·         Anjuran  untuk tinggal di Madinah.

·         Anjuran agar meninggal di Madinah.

·         Orang-orang kafir tidak boleh memasuki Madinah.

·         Tanahnya sebagai penyembuh (syifa').

·         Syafaat bagi siapa saja yang sabar atas cobaan Madinah.

·         Para Malaikat menjaganya hingga hari kiamat.

·         Madinah bermandikan cahaya di hari kedatangan Rasulullah Saw.

·         Beribadah di Masjid Nabawi dilipatgandakan pahalanya.

AGAR TIDAK BOSAN SAAT PERJALANAN DI PESAWAT

1. Tentu saja tidur, karena itu akan menghemat tenaga. Jika Anda termasuk orang yang mudah tidur, segera tidur dan tidak perlu membaca tips berikutnya. Tapi, andai Anda termasuk orang yang tidak mudah untuk terlelap, silahkan melanjutkan membaca tips ini.

2. Membaca. Bisa membaca al-Qur'an, bisa membaca buku tentang umrah dan haji, tentang kota Makkah, tentang sejarah Rasul, atau tentang apa saja. Bila ini termasuk alternatif yang mungkin Anda gemari, berarti jangan lupa untuk membawa buku. tak perlu banyak-banyak, toh hanya untuk menemani kita saat penerbangan.

3. Merenung dan berdialog dengan-Nya. Ini adalah saat yang bagus untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Renungilah perjalanan hidup kita. Dari saat bergelimbang dosa, hingga saat mendapat undangan dari-Nya, hingga akhirnya bisa sampai berada di dalam pesawat untuk memenuhi jamuan-Nya. Sesungguhnya, hal itu akan terasa begitu indah.

4. Menghafal ayat al-Qur'an. Tidak bisa tidur bisa menjadi berkah bila kita gunakan untuk menghafal ayat al-Qur'an.

5. Yang jelas, apa pun aktivitas yang Anda lakukan saat menantikan pesawat mendarat, kalau bisa lakukan sambil berdzikir. Maka, hal itu akan mendapat pahala kebaikan lebih. Membaca sambil berdzikir? Dapat ilmu dan dapat kebaikan pahala. Menulis sambil berdzikir? Menyebarkan ilmu dan mengumpulkan pahala. Hanya diam dan berdzikir? Tidak mengganggu orang lain dan dapat kebaikan pahala.

6. Jangan lupa untuk sesekali melakukan peregangan otot tengan, kaki, maupun badan agar peredaran darah menjadi lancar.

TIPS BERABGKAT UMROH DAN HAJI

1.  Baca buku doa yang dibagikan oleh biro perjalanan Anda. Biasanya di buku tersebut ada petunjuk mengenai apa saja yang harus dilakukan sebelum berangkat. Misalnya, shalat pada malam sebelum berangkat, doa-doa selama perjalanan, dan sebagainya.

2. Jangan segan untuk bertanya pada staf biro perjalanan mengenai barang apa saja yang harus dibawa. Walau mungkin beberapa barang bisa dibeli di Arab, tapi akan lebih menghemat bila segala keperluan sudah kita siapkan sejak di tanah air. Beberapa biro malah secara detail sudah membuat list barang yang harus diletakkan di koper besar yang akan masuk bagasi dan barang yang harus ada di koper kecil atau tas jinjing.

3. Barang-barang keperluan umrah atau haji kini sudah bisa dengan mudah kita dapat di toko-toko khusus. Tak perlu lagi sibuk mencari ke berbagai tempat terpisah.

4. Bawalah tas cadangan yang mudah dilipat, karena biasanya barang bawaan kita secara ajaib akan bertambah. Biasanya karena pakaian kotor dan barang belanjaan.

MISTERI KOTA MAKKAH DAN MADINAH

Misteri Kota Makkah dan Madinah

Makkah dan Madinah merupakan dua kota terpenting bagi umat Islam. Betapa tidak, berbicara mengenai sejarah Islam dunia, pasti tidak lepas dari dua kota yang paling terkenal di kalangan umat muslim ini. Ya, Makkah dan Madinah merupakan pusat sejarah Islam dunia. Dua daerah ini menjadi titik awal lahir dan berkembangnya Islam hingga masa sekarang.

Makkah dan Madinah merupakan saksi perjalanan sejarah Islam. Keduanya menyimpan sejuta cerita tentang Nabi Saw. dan para sahabatnya beserta semua usaha dan doa yang dilakukan. Nabi Muhammad Saw. lahir di kota ini, tepatnya Makkah al-Mukarromah. Selanjutnya, jalan hidup Sang Nabi bergulir mengisi lembar demi lembar perjalanan kota Makkah dan Madinah.

Pada awal kenabiannya, Rasulullah Saw. melakukan dakwah islam secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi. Kemudian, dengan perintah Allah Swt. Akhirnya Rasulullah Saw. pun kemudian mulai menyebarkan agama islam secara terbuka kepada masyarakat Makkah. Masyarakat Makkah menunjukkan reaksi dengan menolak Islam. Mendapat penolakan sekaligus pengusiran dari kaumnya sendiri, Rasulullah Saw. hijrah ke Madinah.

Di Madinah inilah ajaran Islam dapat berkembang dengan baik. Setelah berhasil di Madinah, Rasulullah Saw. kembali lagi ke Makkah untuk terus berusaha menebar dan mengajarkan ajaran-ajaran Islam yang luhur. Pada akhirnya, Islam pun dapat berkembang baik di Makkakh.

Sejak saat itu, Islam terus berkembang dan menyebar hingga sekarang. Ia merambah ke berbagai daerah di pelosok dunia, dari benua Afrika sampai dengan benua Australia.

Kota Makkah dan Madinah sendiri merupakan dua kota yang dikhususkan oleh Allah Swt. Allah Swt. Mengkhususkan dua kota ini sebagai tanah haram. Kedua kota yang berkah ini dimuliakan dan diutamakan oleh Allah dan menjadikannya sebagai tampat terbaik dibandingkan dengan semua tempat di bumi ini. Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya Ibrahim telah mengharamkan Makkah, dan aku telah mengharamkan Madinah" (HR. Muslim).

Makkah dan Madinah disebut juga Haramain (dua tanah haram). Disebut haram karena di tanah itu diharamkan melakukan perbuatan-perbuatan yang jika dilakukan di tanah lain hukumnya boleh-boleh saja. Misalnya berburu. Di Haramain ini seseorang tidak boleh membunuh dan membuat kerusakan, meskipun itu membunuh binatang yang biasanya tidakbermasalah diburu di tempat lain.

Sementara itu, yang dimaksud dengan haramnya tanah Makkah dan Madinah adalah meliputi seluruh tanah Makkah dan Madinah sampai batas-batasnya. Rasulullah Saw. bersabda, "Madinah adalah tanah haram dari (gunung) 'Air sampai (gunung) Tsaur" (HR. al Bukhari dan Muslim). Dalam hadits lain Rasulullah Saw bersabda, "Aku telah mengharamkan Madinah dari tumpukan batu hitam yang satu ke tumpukan batu hitam lainnya, agar tidak boleh ditebang pepohonannya dan tidak boleh dibunuh binatang buruannya" (HR. Muslim).

Namun, perlu juga diketahui bahwa Makkah dan Madinah sekarang tidak sama dengan Makkah dan Madinah tempo dulu dalam hal batas geografis. Kedua kota ini sekarang menjadi luas, sehingga sebagian daerahnya berada di luar batas tanah haram. Oleh karena itu, tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa seluruh daerah di Makkah dan Madinah sekarang ini adalah tanah haram. Akan tetapi, yang termasuk di dalam batas tanah haram itulah tanah haram, sedangkan diluar itu bukan tanah haram. Jadi, daerah yang berada di luar batas status haram adalah bagian dari Makkah dan Madinah, namun tidak disebut tanah haram.

Makkah adalah tempat yang sangat dicintai Rasulullah Saw. Beliau pernah bersabda, "Demi Allah, sesungguhnya engkau (Makkah) adalah sebaik-baik bumi Allah dan bumi yang paling dicintai Allah. Andaikata aku tidak diusir darimu, maka aku tidak akan pernah keluar meninggalkanmu" (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Kota Makkah inipun terekam dalam al-Qur'an dan Allah Swt. Menggelarinya sebagai Ummul Qura.

"Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al-Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada Ummul Qura 9penduduk Makkah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya" (QS. Asy-Syura; 7).

Tentang tafsir ayat ini, Ibnu Katsir mengatakan, "Makkah dinamakan dengan Ummul Qura karena ia merupakan negeri yang paling mulia dibandingkan degeri lainnya. Setiap negeri menjadi pengikutnya dan menjadi cabangnya."

Jika Makkah digelari Ummul Qura, maka kota Madinah mendapat gelar Thaybah dan Thobah dari Rasulullah Saw. Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya Allah menamakan Madinah dengan Thobah" (HR. Muslim). Kata 'Thoybah' dan 'Thobah' berasal dari kata Thoyyib yang artinya baik sehingga maknanya adalah tempat yang baik.

Begitulah, kota Makkah dan Madinah merupakan dua kota yang memiliki keistimewaan dan keutamaan.hal itu telah sangat gambling dijelaskan oleh Rasulullah Saw. oleh karena kemuliaan Haramain ini, maka disebutkan bahwa perbuatan baik yang dilakukan di sana maka pahalanya akan dilipatgandakan. Sebaliknya, perbuatan buruk yang dilakukan di Haramain juga akan dilipatgandakan siksanya. Bukan hanya perbuatan buruk, berniat untuk melakukan perbuatan buruk pun dilarang. Allah Swt berfirman:

"Dan siapa yang bermaksud di dalamnya melakukan kejahatan secara lalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebahagian siksa yang pedih" (QS. Al-Hajj: 25).

Rasulullah Saw. bersabda, "Madinah adalah tanah haram antara (gunung) 'Air sampai (gunung) Tsur. Barangsiapa yang membuat kebid'ahan di sana atau melindungi pelaku bid'ah, maka Allah dan malaikat serta seluruh manusia semua melaknatnya. Allah tidak menerima amalannya yang wajib maupun yang sunnah" (HR. Al Bukhari dan Muslim). Seorang ulama juga pernah berkata, "Perbuatan buruk yang dilakukan di tanah haram lebih besar dosanya daripada perbuatan buruk yang dilakukan di selain tempat tersebut."

Selain itu, Makkah dan Madinah merupakan tempat yang mustajab. Artinya, Makkah dan Madinah adalah dua tempat yang jika seseorang berdoa di sana maka doanya mudah terkabul. Allah Swt. Memang telah menjadikan sesuatu hal tertentu memiliki kelebihan dengan hal yang lain. Misalnya waktu-waktu tertentu, di mana pada waktu tersebut doa akan dikabulkan Allah, di antaranya sepertiga malam terakhir, hari jum'at, hari Arafah, dan seterusnya. Begitu pula Allah menjadikan tempat-tempat tertentu, di mana tempat tersebut doa yang dipanjatkan akan dikabulkan Allah. Dalam hal ini Makkah dan Madinah merupakan wujud dari dua tempat yang mustajab.

Rasulullah Saw. bersabda, "Para jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah. Jika mereka berdoa kepada-Nya, niscaya Dia akan mengabulkan (permintaan mereka), dan jika mereka beristighfar niscaya Dia akan memberikan amunan kepada mereka" (HR. An-Nasa'i).

Keutamaan lain dari Makkah dan Madinah adalah menjadi tempat di mana Dajjal tidak dapat memasukinya. Sebagaimana diketahui bahwa menjelang hari kiamat datang, Dajjal akan muncul dan membuat kerusakan di tengah masyarakat. Banyak orang yang sebelumnya beriman akhirnya menjadi kufur karena terperdaya oleh tipu rayu Dajjal, terlebih lagi mereka yang imannya tipis maupun tidak beriman sama sekali, akan menjadi bala tentara Dajjal.

Namun atas kehendak Allah Swt, Dajjal tidak akan mempu memasuki kota Makkah dan Madinah yang merupakan kota yang dimuliakan Allah. Dalam kitab Shahih Al-Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Tidak ada satu negeri pun kecuali dia akan diinjak tanahnya oleh Dajjal kecuali Makkah dan Madinah. Sebab, tidak ada satu celah pun di celah-celahnya kecuali di sana ada malaikat yang berbaris menjaganya" (HR. Al-Bukhari). Dalam hadits lain Rasulullah Saw. bersabda, "Di setiap lorong-lorong Madinah ada para malaikat sehingga wabah penyakit menular dan Dajjal tidak bisa memasukinya" (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Apa yang dipaparkan di atas hanyalah sekelumit keutamaan dan keajaiban dari Haramain. Di luar itu, masih banyak lagi keutamaan-keutamaannya yang lain. Kita mengetahui, di dalam kota Makkah dan Madinah terdapat beberapa hal atau tempat yang notabene memiliki keajaiban-keajaiban dan keutamaan-keutamaan. Di antaranya seperti ka'bah, air zam-zam, jabal magnet, masjidil haram, masjid nabawi, dan lain sebagainya, yang masing-masing tempat dan hal tersebut memiliki keutamaan-keutamaan atau keajaiban-keajaibannya sendiri. Inilah yang akan kita bahas dan paparkan dalam buku ini, yaitu menguak keutamaan-keutamaan dan keajaiban-keajaiban Haramain (Makkah dan Madinah) terkait dengan berbagai hal atau tempat yang ada di dalamnya tersebut.

Jika melihat beberapa fakta yang telah terjadi, mungkin saja deretan keutamaan dan keajaiban Makkah dan Madinah di kemudian hari akan semakin bertambah dan banyak terkuak. Hal ini terkait dengan penyingkapan-penyingkapan akan keajaiban-keajaiban Makkah dan Madinah oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia. Kita lihat saja satu contoh yang baru-baru ini menghebohkan dunia, yaitu tentang kota Makkah dan Madinah yang terekam astronot dari luar angkasa sebagai dua kota paling bersinar di dunia.

Keempat astronot Rusia itu adalah Andrey Borisenko, Alexander Samokutyaev, Anatoly Ivanishin, dan Anton Shkaplerov, yang menceritakan pengalaman spiritual mereka selama berada di luar angkasa. Para astronot ini juga memperlihatkan foto-foto yang mereka ambil dari luar angkasa, khususnya foto-foto Makkah dan Madinah.

"Ketika berada di luar angkasa, kami mengambil foto-foto bumi sepanjang hari untuk dokumentasi. Namun, ketika malam hari, sangat sulit untuk mengambil gambar. Diperlukan teknik khusus untuk memainkan kamera agar bisa memperoleh gambar yang baik. Akhirnya, saya berhasil mengambil banyak gambar dari berbagai kota di malam hari. Yang membuat saya terkejut adalah ketika menemukan foto kota Makkah dan Maadinah. Kedua kota 'outshone' itu benar-benar paling bersinar dari semua kota-kota lain di seluruh dunia."

Fenomena Makkah dan Madinah yang bersinar ini juga dialami oleh astronot Amerika Serikat, Sunita Williams. Sunita adalah astronot keturunan India yang memegang rekor perjalanan luar angkasa untuk wanita, berada di luar angkasa terlama (195 hari), dan berjalan di luar angkasa (29 jam, 17 menit).

Menurut beberapa sumber diceritakan bahwa, dalam perjalanannya ke bulan, Sunita Williams melihat fenomena yang aneh saat pandangannya menuju ke bumi. Ketika bagian bumi lainnya Nampak gelap, ternyata ada sebagian kecil bumi yang Nampak terangyaitu Makkah dan Madinah.

Sunita mengatakan, dari atas seluruh permukaan bumi diselimuti kegelapan, namun betapa terkejutnya ketika dengan bantuan teleskop ada dua tempat yang sangat berbeda, yaitu Makkah dan Madinah. Kedua tempat itu Nampak terang dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya di belahan bumi. Selain itu, fenomena lain yang ditangkapnya adalah ketika gelombang suara dari bumi tidak mampu merambah luar angkasa, dia ternyata bisa menangkap suara adzan. Dikabarkan setelah peristiwa ini, Sunita Williams memeluk agama islam.

Jumat, 28 November 2014

KISAH NYATA: TUKANG BUBUR [CANDIL] NAIK HAJI






Namanya Sariyah, perempuan berusia 52 tahun warga Desa Karanglewas Kidul, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, yang telah melaksanakan ibdaha haji beberapa bulan lalu (2014).

Beliau melaksanakan ibadah bukan karena dapat rezeki nomplok. Sariyah, yang merupakan penjual bubur candil keliling. Penyebab beliau bisa pergi ke Mekah karena ia tekun menabung sejak 1990. Artinya beliau menabung selama 24 tahun.

"Saya kalau nabung tidak setiap hari, kadang dua atau tiga hari sekali, bahkan jika memang tidak ada sisa uangnya, saya baru satu minggu menabung. Itu pun sekali menabung saya hanya Rp 20.000," ungkap dia yang ditemui di rumahnya, Minggu (7/9/2014).

"Setiap hari, dari hasil keliling jualan bubur candil sama sepeda biasanya saya dapat Rp 20.000 sampai Rp 30.000. Ya kadang-kadang malah kurang dari itu," kata Sariyah.

Dengan kebulatan tekad ia mulai menabung dan megumpulan pundi-pundi rupiah. Dia mendaftar pemberangkatan haji ke Kantor Kementerian Agama Banyumas pada tahun 2010 lalu. Namun, dia harus masuk dalam daftar antrean dan baru akan berangkat haji pada 2014. "Saat itu, saya mendaftar dengan uang Rp 25 juta dan harus mengantre empat tahun," ujar beliau.

Meski sudah mendaftarkan diri, Sariyah tetap pada kebiasaannya menabung. "Saya nabung terus karena uangnya kan masih kurang untuk ongkos dan sangu (bekal) haji," lanjut beliau.

Satu kunci untuk bisa mewujudkan niat beribadah haji, menurut dia, adalah berdoa dan katakunan. "Kuncinya hanya satu, niatnya harus sungguhan dan selalu berdoa kepada Allah SWT, lalu kita berusaha," ungkap dia.

Dulu, sebelum menggunakan sepeda onthel untuk berjualan, dia hanya menggendong barang dagangannya. "Dulu waktu jualan menggunakan gendong, setiap hari penghasilan saya antara Rp 5.000 sampai Rp 7.000. Alhamdulilah sekarang sudah lumayan," kata perempuan satu anak ini.

Sudah lebih dari 10 tahun, Sariyah harus hidup sendiri sejak suaminya meninggal dunia. Selama itu, dia menggantungkan hidupnya dari pendapatan sebagai penjual bubur candil keliling.

"Alhamdulillah dari hasil usaha sebagai penjual bubur candil keliling saya bisa menyekolahkan putra saya," ungkap dia.

Sariyah memiliki satu-satunya putra, bernama Ilham Setiawan, sudah bekerja dan memiliki keluarga kini tinggal di Jakarta. Sariyah akan menjadi salah satu calon jemaah haji yang bertolak ke Tanah Suci dengan kelompok penerbangan 47. "Berapa pun pendapatan saya setiap hari, saya selalu syukuri," ujar dia mengakhiri perbincangan.

Demikian kisah inspiratif ini saya sajikan semoga menjadi batu loncatan untuk kita segera menyusul beliau bertolak ke tanah suci. Aamiin.. Wassalamu'alaikum...


Sumber: Kompas, dengan perubahan

KIAT SUKSES BERANGKAT IBADAH UMROH DAN HAJI SECARA CEPAT



1. Berdoa Kunci Utama
Berdoa adalah memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWT. Seperti kita ketahui, manusia memiliki keterbatasan. Ketika kita memiliki kebutuhan yang tidak sanggup diselesaikan maka kepada siapa lagi kita meminta bantuan selain kepada Allah yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu, mari berdoa kepada Allah swt agar diberikan rezeki agar bisa membayar ongkos naik haji, diberikan kesehatan dan kemampuan fisik agar bisa melaksanakan haji dengan baik, dan diberikan kemudahan serta kelancaran selama berhaji. Tentu saja, terdapat beberapa etika agar doa ingin naik haji dikabulkan, seperti memuji Allah dan bersalawat kepada Nabi Muhammad saw sebelum berdoa, mencari waktu-waktu istimewa untuk berdoa, dan sebagainya.
"Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina'." (TQS. Al-Mukmin[40]: 60)

2. Banyak-banyaklah bersedekah Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki), dan kepadaNyalah kamu dikembalikan." (Al-Baqarah[2]: 245).

Tidak ada orang yang menjadi miskin karena bersedekah. Tentunya, sedekah yang diberikan secara ikhlas karena Allah swt. Agar lebih efektif, hendaknya sedekah yang kita lakukan diiringi dengan doa yang kita inginkan. Yakinlah, Allah swt Maha Kaya. Allah pun telah berjanji memberikan pembayaran yang berlipat ganda, termasuk hajat kita untuk naik haji. Oleh sebab itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sedekah haji kita diterima dan membuahkan kebaikan yang berlipat ganda. Berbicara tentang hubungan sedekah dengan naik haji, terdapat kisah menarik dari ust. Yusuf Mansur dalam artikel "Naik Haji karena Sedekah".

3. Ikuti Walimatus Safar
Pada dasarnya, walimatus safar adalah jamuan yang dilakukan sebelum bepergian jauh. Dalam acara ini, pihak yang berhajat untuk melakukan perjalanan jauh meminta doa dari para hadirin agar diberikan keselamatan dan tercapai tujuannya dengan baik. Begitu pula dengan jamaah calon haji yang hendak menuju tempat yang jauh, yaitu Mekkah dan Madinah.
Nah, sangat baik jika kita bertemu dengan jamaah calon haji dan meminta mereka untuk mendoakan kita agar bisa memenuhi panggilan berhaji. Apalagi jika kita sudah mengenal mereka sebelumnya. Perlu diingat, doa dari mereka yang menunaikan ibadah haji dan umrah, insyaallah, dikabulkan oleh Allah swt. Sebagaimana yang telah tercantum dalam sebuah hadits,
Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sesungguhnya beliau bersabda: "Orang-orang yang haji dan orang-orang yang pergi 'Umrah adalah utusan Allah, jika mereka berdo'a kepada-Nya, niscaya Ia akan mengabulkan mereka, dan jika mereka meminta ampun, niscaya Ia akan mengampuni mereka." (HR. Ibnu Majah)

4. Perbanyak Menyimak Perjalanan Haji
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang enggan naik haji di antaranya disebabkan ketidaktahuan kondisi saat melaksanakan haji. Baik ketika mengurus surat-surat di tanah air, saat keberangkatan di embarkasi, apa yang harus dilakukan saat telah tiba di tanah suci, dan sebagainya. Bagi mereka yang awam, bayangan naik haji adalah berada di antara ribuan jamaah calon haji dari seluruh dunia, di tempat yang asing, dan berada dalam iklim yang panas terik. Apa jadinya jika saya tersesat?

Tentunya, banyak hal yang harus diketahui sebelum kita menunaikan ibadah haji. Semakin tau banyak hal akan membuat niat naik haji semakin mantap. Dengan banyak mendengar kisah dan pengalaman para haji, kita akan mengetahui masalah apa saja yang biasanya dialami ketika menunaikan ibadah haji ini. Kita juga bisa mengetahui solusi apa yang dilakukan jamaah tersebut untuk mengatasi masalahnya. Dengan begitu, kita bisa membayangkan apa saja yang bisa dilakukan ketika masalah tersebut menghampiri kita.

5. Kuasai Manasik Haji
Manasik haji adalah tata cara menjalankan ibadah haji dan umrah. Sebagaimana ibadah lainnya, syarat diterimanya amal ibadah yaitu benar secara niat dan benar pula tata caranya. Jadi, ketika kita ingin naik haji maka kita juga perlu tahu tata cara pelaksanaan ibadah haji.

Bagaimana tata cara manasik haji? Jangan khawatir, setelah mendaftarkan diri sebagai jamaah calon haji, kita akan mendapatkan bimbingan melaksanakan manasik haji. Kegiatan bimbingan manasik haji oleh KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) biasa dilaksanakan sebelum jamaah calon haji berangkat ke tanah suci.

6. Buka Tabungan Haji
Naik haji jelas membutuhkan biaya, yang disebut juga dengan ONH (Ongkos Naik haji). Oleh sebab itu, Anda yang ingin pergi naik haji harus menyediakan dana tersebut. Adapun salah satu cara yang logis dilakukan adalah membuka tabungan haji.

7. Lakukan Teknik Affirmasi
Afirmasi merupakan upaya untuk membangkitkan sugesti pribadi yang akan mempengaruhi tingkat keyakinan. Semakin yakin sesuatu akan terwujud maka semakin dekat pula impian menjadi kenyataan. Affirmasi ini juga bisa kita katakan sebagai usaha menanamkan prasangka baik dalam diri kita.

Demikian semoga banyak manfaat yang dapat kita ambil dari coretan kali ini. Wassalamu'alaikum...

TIPS AMPUH MENJAGA KESEHATAN SAAT BERIBADAH HAJI



Ibadah Haji merupakan ibadah dengan perjalanan panjang dan banyak kegiatan yang begitu menguras tenaga. Begitu juga secara otomatis beresiko pada kesehatan tubuh. Dilatarbelakangi oleh perbedaan suhu, iklim antara tanah air dengan tanah suci. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan saat berhaji:

Pertama, Hal yang perlu diperhatikan jamaah haji adalah kebersihan minuman dan makanan yang hendak dikonsumsi. Perjalanan panjang selama 10 jam antara Madinah dan Mekah dalam cuaca panas terik pastilah akan membuat para jamaah haji lelah dan kehausan. Untuk itu selalu perhatikan hal tersebut saat dalam perjalanan berhaji anda.

Kedua, Sebaiknya para jamaah haji membekali diri dengan air mineral botol atau jika ingin yang natural bisa dipilih air Zam zam. Air Zam Zam aman diminum walau mentah karena mengandung flouride tinggi yang mampu membunuh kuman. Sehingga resiko dehidrasi selama dalam perjalanan tidak akan terjadi.

Ketiga, Periksa dengan teliti kebersihan tempat makan yang akan dipilih. Misalnya di distrik Haram, sebaiknya jamaah haji menghindari untuk makan di restauran yang kelihatan kurang bersih. Cari tahu terlebih dahulu kebersihan restauran pilihan anda sebelum memutuskan makan disana amatlah penting dilakukan.

Keempat, Jemaah haji disarankan untuk selalu membawa sabun pribadi di dalam tas yang selalu dibawa kemana-mana. Lebih baik sedikit repot dan bijak daripada terserang sakit perut dan ibadah menjadi terhambat, bukan? Dengan memerhatikan kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman yang dikonsumsi, Insya Allah kondisi fisik para jamaah haji selalu prima untuk mengikuti rangkaian Ibadah Haji di tanah suci.

Kelima, Sebaiknya jangan menyimpan jatah makanan. Jika jamaah haji mendapat jatah makanan yang masih hangat dan segar, hendaknya segera dikonsumsi, tak perlu disimpan, sebab dikhawatirkan akan menjadi basi dan akan menyebabkan sakit perut jika dikonsumsi kemudian.

Keenam, Perhatian terhadap penyakit yang telah diidap sedari di tanah air amatlah penting. Naik haji merupakan kegiatan yang melelahkan, kendala fisik kadang-kadang berbahaya, teruta ma bagi orang tua. Seyogyanya sebelum keberangkatan, memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter keluarga, sehingga dokter untuk meminimalisir terjadinya komplikasi penyakit.

Ketujuh, Pentingnya ketua kelompok untuk memerhatikan kondisi kesehatan anggotanya, sehingga selalu tanggap dan waspada. Sebagian besar kaum lanjut usia mengalami resiko pembengkakan pembuluh darah yang mengakibatkan gagal vena atau masalah jantung. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi juga harus berhati-hati. Intinya selalu waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang membahayakan kesehatan anda.

Kedelapan, Ada baiknya selalu lakukan konsultasi dengan dokter dalam kelompok. Bagi yang mengidap diabetes, tidak berarti harus berhenti makan karena takut gula darah naik. Sebaiknya tetap makan makanan diet seperti salad buah dan makanan kecil rendah gula, serta tidak tidur di siang hari dan lebih memperhatikan penanganan luka-luka kecil akibat terinjak atau terdorong.

Lesembilan, Memperhatikan kecukupan beristirahat. jamaah haji Butuh stamina yang baik untuk bisa mengikuti rangkaian Ibadah Haji. Untuk itu, cukup istirahat mutlak diperlukan. Jangan sampai gara-gara terlalu banyak jalan-jalan dan belanja, kondisi fisik menjadi drop dan menjadi tak cukup fit untuk mengikuti ibadah. Stamina jamaah haji harus benar-benar dijaga, agar bisa menjalankan ibadah di Padang Arafah saat puncak Ibadah Haji berlangsung.

Kesepuluh, Selalu sediakan krim. Bagi jamaah haji yang berkulit sensitif, ada baiknya menggunakan krim anti jamur. Krim anti nyamuk juga dianjurkan untuk melindungi diri dari gigitan serangga. Gunakan krim untuk menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari sengatan matahari.


Demikian tips menjaga kesehatan selama berhaji, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua. Tetaplah berdo'a agar kita selalu diberi kesehatan. Aamiin... Wassalamu'alaikum...

Kamis, 27 November 2014

RUKUN RUKUN UMROH

1. Niat Ihram

Niat Ihram adalah niat untuk mulai melakukan umroh atau haji. Jika tidak diniatkan umroh atau hajinya maka tidak sah.

2. Thawaf Ka'bah

Yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari – lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya berjalan biasa. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri.

3. Sa'i (berjalan atau berlari-lari kecil)

Sa'i adalah rukun umroh ke-tiga yang dilakukan setelah rukun-rukun pertama dan kedua yaitu Niat Ihram di Masjid Birr Ali Madinah dan Thawaf di Masjidil Haram Makkah.

4. Tahallul

Tahallul secara harfiah artinya dihalalkan. Yakni dihalalkan bagi para jamaah umroh untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang ketika mulai melakukan ihram.

Tahallul disimbolkan/dilaksanakan dengan mencukur rambut minimal sebanyak 3 helai.

5. Tertib

Tertib artinya rukun-rukun ini harus berurutan dimulai dari rukun umroh yang pertama hingga keempat. Kalau tidak maka umrohnya tidak sah.

Itulah rangkaian Rukun Umroh dan setelah keempat rukun umroh itu selesai, maka selesai pula rangkaian ibadah umroh.